Rafting Serayu

Pesta Parak Iwak - Festival Serayu Banjarnegara

Pesta Parak Iwak - Festival Serayu Banjarnegara
Pesta Parak Iwak

PESTA PARAK IWAK

"Festival Serayu Banjarnegara 2013"


Pesta Parak Iwak merupakan bagian dari kearifan budaya lokal masyarakat Banjarnegara. Selain itu,Pesta Parak Iwak merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Banjarnegara atas peranan sungai Serayu Banjarnegara yang begitu besar bagi Kabupaten Banjarnegara. Tidak hanya menangkap ikan, masyarakat juga mau menebar benih ikan dan menjaganya agar berkembang biak.

Pesta Parak Iwak adalah rangkaian proses yang diawali dengan pengambilan air dan ikan dari tujuh telaga di Dataran Tinggi Dieng kemudian dikirab menuju The Pikas Artventure Resort (Desa Kutayasa,Madukara,Banjarnegara) dan selanjutnya ikan dilarung ke sungai Serayu, Banjarnegara.

Festival Serayu Banjarnegara
Festival Serayu Banjarnegara

Visit Jawa Tengah Logo
Visit Jateng 2013

Tidak kurang dari 150 ribu warga masyarakat mengikuti acara Pesta Parak Iwak ini. Lebih dari 2 ton ikan yang dilepas di sungai Serayu untuk ditangkap oleh warga masyarakat dan disediakan banyak sekali doorprize yang diberikan kepada masyarakat yang berhasil menangkap ikan yang telah diberi tanda dengan anting-anting. Selain itu, di acara Pesta Parak Iwak ini disediakan 7700 tumpeng/tenong untuk dinikmati seluruh warga masyarakat sambil menyaksikan berbagai hiburan kesenian tradisional

Ketua Umum Festival Serayu Banjarnegara, Hadi Supeno (Wakil Bupati) : "Parak iwak merupakan bentuk keselarasan manusia dengan alam."

Menteri Keluatan dan Perikanan,Sharif Cicip Sutardjo: "Saya mengapresiasi parak iwak ini. Kegiatan yang bernuansa kearifan lokal ini efektif untuk mengajak masyarakat menjaga sungai dan ekosistemnya."

Berikut ini beberapa video tentang Liputan Pesta Parak Iwak - Festival Serayu Banjarnegara di televisi:




 

Dapatkan Original VCD Album "Pesta Parak Iwak - Festival Serayu Banjarnegara"

di The PIKAS Artventure Resort (Wisata Alam Sungai Serayu Banjarnegara) Telp. 0286-593000

Berisi 10 lagu bertemakan Festival Serayu dan Kota Banjarnegara


Untuk melihat Original Soundtrack-nya kunjungi : Ost.Pesta Parak Iwak - Festival Serayu Banjarnegara

Share is Sexy :